Pada bagian ini akan dijelaskan tentang cara menambahkan atau input pembayaran Hutang Supplier. Pembayaran hutang supplier ini berfungsi untuk mencatat transaksi pembayaran hutang ke supplier.
Sebelum melakukan input transaksi pembayaran hutang supplier, pastikan anda sudah melakukan transaksi input penerimaan barang dengan metode pembayaran kredit pada menu penerimaan barang.
Berikut adalah langkah input pembayaran hutang supplier :
Langkah 1. Masuk ke menu Accounting, lalu klik “Pembayaran Hutang“.
Langkah 2. Klik “Tambah” pada menu Daftar Pembayaran Hutang
Langkah 3. Klik “Supplier” pada menu Tambah pembayaran hutang dan pilih Supplier mana yang akan dilakukan transaksi pembayaran hutang. Maka akan muncul data faktur hutang supplier, lalu pilih faktur mana yang akan dibayar.
Langkah 4. Setelah muncul nomor faktur dan jumlah hutang yang harus dibayar, lalu masukkan nominal pembayaran di kolom “jumlah” atau jika sudah tercantum otomatis berikutnya pastikan tanggal pembayaran di kolom “tanggal” sudah sesuai kemudian klik “Save”.
Langkah 5. Jika pembayaran faktur lebih dari satu, pastikan jumlah bayar dan tanggal sudah sesuai kemudian klik “save”.
Langkah 6. Klik “OK” untuk melanjutkan ke proses penyimpanan transaksi pembayaran hutang.
Langkah 7. Klik “OK” jika data baru telah disimpan dengan sukses.
Langkah 8. Data telah disimpan, klik “Yes” jika ingin menambah data baru atau klik “No” jika tidak ingin menambah data baru.
Selesai! anda telah melakukan transaksi pembayaran hutang supplier.