Retur Penjualan berfungsi untuk mencatat pengembalian barang dari pelanggan/konsumen. Daftar Retur Penjualan juga digunakan untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus transaksi retur. Berikut ini adalah cara untuk mencatat retur penjualan dari transaksi penjualan.
Langkah 1. Masuk ke menu Sales, klik “Sales Retur“.
Langkah 2. Klik “Tambah“.
Langkah 3. Masukkan tanggal retur dan jenis jual.
Langkah 4. Pilih tipe pelanggan dan nama sales, lalu masukkan nomor referensi dan nama penerima.
Langkah 5. Pilih produk dengan cara klik “Find“, maka Anda akan masuk ke pencarian produk. Cari produk dengan memasukkan nama/kode/barcode produk. Lakukan double click atau klik “Pilih” untuk memilih produk
Langkah 6. Masukkan quantity/jumlah produk yang diretur, lalu klik “Add“.
Langkah 7. Ulangi langkah 5-6 untuk memasukkan produk lain. Anda juga dapat memasukkan catatan (jika ada) di kolom catatan.
Langkah 8. Jika semua produk berhasil dimasukkan, klik “Save“.
Selesai! Anda berhasil mencatat retur penjualan produk.